A.
Jelaskan dengan kalimat anda definisi dari istilah-istilah berikut ini :
1) Agent
2) Agent function
3) Agent program
4) Rationality
5) Autonomy
6) Reflex agent
7) Model-based
agent
8) Goal-based
agent
9) Utility-based
agent
10) Learning agent
Jawaban
1.
a. Agent
adalah segala sesuatu yang dapat melihat/ mengetahui lingkungan melalui sensor
dan bertindak melalui alat aktuator
b. Agent
function adalah pemetaan dari ururtan persepsi menjadi aksi.
c. Agent
program menjalankan architecture menghasilkanb fungsi agent (f) = architecture
+ progrram.
d. Rtionality
adalah sifat agent yang selalu bertindak memaksimalkan ukuran kerja, mengingat
apa yang ia amati tentang lingkungan dan pengetahuanlain yang dimilikinya.
e. Aotonomi
adalah kemampuan agent yang untuk mengatur aktivitas gerakannya.
f. Reflex
agent adalah kemampuan agent yang dapat
merespon dengan sangat cepat setelah adanya persepsi.
g. Model-based
agent merupakan jenis agent yang memiliki persepsi internal tentang keadaan
sekitar.
h. Goal-based
agent merupakan jenis agent yang memiliki informasi tentang tujuan, memilih
tindakan yang mencapai tujuan.
i.
Utility-based agent adalah jenis agent
yang dapat melakukan penilaian kuantitatif terhadap suatu keadaan lingkungan
j.
Learning agent adalah jenis agent yang
dapat belajar dari pengalaman, dan meningkatkan kinerja.
B.
Buatkan diskripsi PEAS (Performance
measure, environment, action, and sensors) dan jenis environment (observable,
agent, deterministic, episodic, static, and discrete).
Jawaban
Contoh Pertama
: Agent Seorang Pelajar
1) Performance measure : Mendapatkan nilai bagus (UTS,
UAS memuaskan/nilai 100), Wisuda/lulus, mendapatkan ijazah dan ilmu.
2) Environment : Guru, sekolah/gedung, teman dan
perlengkapan proses belajar (buku, pulpen dan papan tulis)
3) Actuators : Membaca, menulis, mendengarkan guru
ketika mengajar dan berpikir/menyatakan pendapat.
4) Sensors : Tangan, telinga, mata
dan kaki.
·
jenis
environment (observable, agent, deterministic, episodic, static and discrete)
dari seorang Agent.
Agent
|
Seorang
Pelajar
|
Fully observable
|
Semi
|
Deterministic
|
Ya
|
Episodic
|
Semi
|
Static
|
Ya
|
Discrete
|
Ya
|
Single agent
|
Tidak
|
Contoh Kedua
: Agent Seorang Arsitek
1) Performance measure : Rumah yang dibangun kokoh,
indah dan nyaman, arsitektur bangunan simple, tidak membahayakan penghuni
rumah.
2) Environment : Tanah/lahan, batu bata, pasir, pekerja
buruh dan calon pemilik rumah
3) Actuators : Mendesign rumah yg akan dibuat,
mengarahkan pekerja buruh dan mengecek kesesuaian implementasi design.
4) Sensors : Buku rancangan
arsitektur rumah (gambar), jumlah lahan yg tersedia, tangan, telinga, mata dan
kaki.
·
jenis
environment (observable, agent, deterministic, episodic, static and discrete) dari
seorang Agent.
Agent
|
Seorang
Arsitek
|
Fully observable
|
Ya
|
Deterministic
|
Ya
|
Episodic
|
Ya
|
Static
|
Ya
|
Discrete
|
Semi
|
Single agent
|
Tidak
|
C. Dari diagram dibawah suatu
lintasan dicari dari node awal A ke node Z. Tentukan lintasan
yang ditempuh dengan menggunakan metode A* search.
Jawaban
·
Lintasan
yang ditempuh pada langkah 1:
Node
A ke C = 3
·
Lintasan
yang ditempuh pada langkah 2:
Node
C ke E = 3
·
Lintasan
yang ditempuh pada langkah 3:
Node
E ke G = 2
·
Lintasan
yang ditempuh saat langkah terakhir :
Node
G ke Z = 3
Total
lintasan yang ditempuh dengan merepresentasikan teori A* search adalah 11 (ini
merupakan opsi jarak terpendek yang dapat di tempuh)
D.
Missionaries & Cannibal Problem :
Terdapat 3 (tiga)
orang missionaries dan 3 (tiga) orang kanibal berada di salah satu sisi
sungai bersama dengan sebuah kapal yang dapat menampung 1 (satu) atau 2 (dua)
orang.
Temukan cara agar semua orang
(tiga orang missionaries dan tiga orang kanibal) bisa menyeberang ke
sisi lain sungai dengan syarat:
Tanpa pernah meninggalkan missionaries
di suatu tempat bersama kanibal dengan jumlah kanibal lebih banyak daripada
missionaries.
Pertanyaan :
Formulasikan permasalahan di atas agar mendapatkan satu-satunya solusi yang
valid dan buatkan diagram state space yang lengkap.
Jawaban
·
Ruang Keadaan = (M,M,M & K,K,K)
artinya adalah 3 orang Missionaries & Cannibal.
·
Keadaan awal
Daerah
asal = (M,M,M & K,K,K)
Daerah
akhir atau daerah seberang = (M,M,M & K,K,K)
·
Tujuan (Goal) = Agar semua orang (tiga
orang missionaries dan tiga orang kanibal) bisa menyeberang ke sisi lain
sungai.
·
Kumpulan aturan (Berikut Solusi yang kelompok
kami berikan)
Urutan Aturan
|
Solusi Aturan
yang terpakai
|
Daerah
seberang x Dearah asal
|
1
|
2 Kanibal menyeberang
|
(K,K x K,M,M,M)
|
2
|
1 Kanibal
kembali
|
(K x K,K,M,M,M)
|
3
|
2 Kanibal
menyeberang
|
(K,K,K x M,M,M)
|
4
|
1 Kanibal
Kembali
|
(K,K x
K,M,M,M)
|
5
|
2 Missionaries
menyeberang
|
(K,K,M,M x
K,M)
|
6
|
Masing-masing
1 Missionaries & kanibal kembali
|
(K,M x
K,K,M,M)
|
7
|
2 Missionaries
menyeberang
|
(K,M,M,M x
K,K)
|
8
|
1 Kanibal
kembali
|
(M,M,M x
K,K,K)
|
9
|
2 Kanibal
menyeberang
|
(M,M,M,K,K x
K)
|
10
|
1 Kanibal
kembali
|
(M,M,M,K x
K,K)
|
11
|
2 Kanibal
menyeberang
|
(M,M,M,K,K,K x
kosong)
|
Sumber/Referensi
T.Sutojo,S.Si.,M.Kom,
Edy Mulyanto,S.Si.,M.Kom dan Dr.Vincent Suhartono. Kecerdasan Buatan. Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Penerbit
Andi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)