Pages

Artificial intelligence (Kecerdasan Buatan)


A. Jelaskan dengan kalimat anda definisi dari istilah-istilah berikut ini :
1) Agent
2) Agent function
3) Agent program
4) Rationality
5) Autonomy
6) Reflex agent
7) Model-based agent
8) Goal-based agent
9) Utility-based agent
10) Learning agent
Jawaban
1.       
a.       Agent adalah segala sesuatu yang dapat melihat/ mengetahui lingkungan melalui sensor dan bertindak melalui alat aktuator
b.      Agent function adalah pemetaan dari ururtan persepsi menjadi aksi.
c.       Agent program menjalankan architecture menghasilkanb fungsi agent (f) = architecture + progrram.
d.      Rtionality adalah sifat agent yang selalu bertindak memaksimalkan ukuran kerja, mengingat apa yang ia amati tentang lingkungan dan pengetahuanlain yang dimilikinya.
e.       Aotonomi adalah kemampuan agent yang untuk mengatur aktivitas gerakannya.
f.       Reflex agent adalah  kemampuan agent yang dapat merespon dengan sangat cepat setelah adanya persepsi.
g.      Model-based agent merupakan jenis agent yang memiliki persepsi internal tentang keadaan sekitar.
h.      Goal-based agent merupakan jenis agent yang memiliki informasi tentang tujuan, memilih tindakan yang mencapai tujuan.
i.        Utility-based agent adalah jenis agent yang dapat melakukan penilaian kuantitatif terhadap suatu keadaan lingkungan
j.        Learning agent adalah jenis agent yang dapat belajar dari pengalaman, dan meningkatkan kinerja.

B. Buatkan diskripsi PEAS (Performance measure, environment, action, and sensors) dan jenis environment (observable, agent, deterministic, episodic, static, and discrete).
Jawaban
Contoh Pertama : Agent Seorang Pelajar
1) Performance measure : Mendapatkan nilai bagus (UTS, UAS memuaskan/nilai 100), Wisuda/lulus, mendapatkan ijazah dan ilmu.
2) Environment : Guru, sekolah/gedung, teman dan perlengkapan proses belajar (buku, pulpen dan papan tulis)
3) Actuators : Membaca, menulis, mendengarkan guru ketika mengajar dan berpikir/menyatakan pendapat.
4) Sensors : Tangan, telinga, mata dan kaki.
·         jenis environment (observable, agent, deterministic, episodic, static and discrete) dari seorang Agent.

Agent
Seorang Pelajar

Fully observable

Semi
Deterministic
Ya
Episodic
Semi
Static
Ya
Discrete
Ya
Single agent
Tidak

Contoh Kedua : Agent Seorang Arsitek
1) Performance measure : Rumah yang dibangun kokoh, indah dan nyaman, arsitektur bangunan simple, tidak membahayakan penghuni rumah.
2) Environment : Tanah/lahan, batu bata, pasir, pekerja buruh dan calon pemilik rumah
3) Actuators : Mendesign rumah yg akan dibuat, mengarahkan pekerja buruh dan mengecek kesesuaian implementasi design.
4) Sensors : Buku rancangan arsitektur rumah (gambar), jumlah lahan yg tersedia, tangan, telinga, mata dan kaki.
·         jenis environment (observable, agent, deterministic, episodic, static and discrete) dari seorang Agent.

Agent
Seorang Arsitek

Fully observable

Ya
Deterministic
Ya
Episodic
Ya
Static
Ya
Discrete
Semi
Single agent
Tidak


C. Dari diagram dibawah suatu lintasan dicari dari node awal A ke node Z. Tentukan lintasan yang ditempuh dengan menggunakan metode A* search.

Jawaban
·         Lintasan yang ditempuh pada langkah 1:
Node A ke C = 3
·         Lintasan yang ditempuh pada langkah 2:
Node C ke E = 3
·         Lintasan yang ditempuh pada langkah 3:
Node E ke G = 2
·         Lintasan yang ditempuh saat langkah terakhir :
Node G ke Z = 3
Total lintasan yang ditempuh dengan merepresentasikan teori A* search adalah 11 (ini merupakan opsi jarak terpendek yang dapat di tempuh)

D. Missionaries & Cannibal Problem :
 Terdapat 3 (tiga) orang missionaries dan 3 (tiga) orang kanibal berada di salah satu sisi sungai bersama dengan sebuah kapal yang dapat menampung 1 (satu) atau 2 (dua) orang.
 Temukan cara agar semua orang (tiga orang missionaries dan tiga orang kanibal) bisa menyeberang ke sisi lain sungai dengan syarat:
 Tanpa pernah meninggalkan missionaries di suatu tempat bersama kanibal dengan jumlah kanibal lebih banyak daripada missionaries.
Pertanyaan : Formulasikan permasalahan di atas agar mendapatkan satu-satunya solusi yang valid dan buatkan diagram state space yang lengkap.
Jawaban
·         Ruang Keadaan = (M,M,M & K,K,K) artinya adalah 3 orang Missionaries & Cannibal.
·         Keadaan awal
Daerah asal = (M,M,M & K,K,K)
Daerah akhir atau daerah seberang = (M,M,M & K,K,K)
·         Tujuan (Goal) = Agar semua orang (tiga orang missionaries dan tiga orang kanibal) bisa menyeberang ke sisi lain sungai.
·         Kumpulan aturan (Berikut Solusi yang kelompok kami berikan)

Urutan Aturan
Solusi Aturan yang terpakai
Daerah seberang x Dearah asal
1
2 Kanibal menyeberang
(K,K x K,M,M,M)
2
1 Kanibal kembali
(K x K,K,M,M,M)
3
2 Kanibal menyeberang         
(K,K,K x M,M,M)
4
1 Kanibal Kembali
(K,K x K,M,M,M)
5
2 Missionaries menyeberang
(K,K,M,M x K,M)
6
Masing-masing 1 Missionaries & kanibal kembali
(K,M x K,K,M,M)
7
2 Missionaries menyeberang
(K,M,M,M x K,K)
8
1 Kanibal kembali
(M,M,M x K,K,K)
9
2 Kanibal menyeberang
(M,M,M,K,K x K)
10
1 Kanibal kembali
(M,M,M,K x K,K)
11
2 Kanibal menyeberang
(M,M,M,K,K,K x kosong)


Sumber/Referensi

T.Sutojo,S.Si.,M.Kom, Edy Mulyanto,S.Si.,M.Kom dan Dr.Vincent Suhartono. Kecerdasan Buatan. Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Penerbit Andi)

Negeriandri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)