Pages

Bagaimana Berkomunikasi Paling Efektif

Bagaimana Berkomunikas Efektif


1.      Jangan [Sering] Bicara Panjang Lebar


Bicara kepada orang lain terus-menerus atau panjang lebar akan sangat berakibat kurang baik bagi lawan bicara kalian nantinya, seperti lawan bicara akan mudah bosan dan tidak memperhatikanmu dengan benar jika kalian berbicara terlalu sering. Apalagi jika yang dibacarakan hal yang membosankan atau topiknya hanya itu-itu saja. Kalian juga harus mengerti bahwa semua topik yang kalian punya tidak akan semuanya menarik. Jika lawan bicara tidak suka mengenai film horror atau tentang musik maka kita harus menghindari topik tersebut.

2.      Topik Yang Dibicarakan


Tentang topik artinya kalian harus memikirkan topik apa yang akan kalian sampaikan nanti, ingat jangan membicarakan topik pribadi, artinya kalian jangan sampai membicarakan hal pribadinya jika didepan umum sehingga membuat lawan bicara kalian malu dan bahkan marah. Menjaga dan memilih topik merupakan hal yang sangat penting untuk komunikasi, jika topiknya baik maka komunikasi tersebut akan menghasilkan sebuah moment yang menyenangkan.

3.      Pikirkan Sebelum Berkata


Hal ini dimaksud agar kalian tidak salah bicara ketika berkomunikasi, salah kata atau kalimat ketika berbicara akan membuat kita malu, apalagi jika hal tersebut berkomunikasi di orang banyak atau suasana formil. Kalian harus membiasakan berpikir sebelum berkata, hal itu juga untuk menghindari sakit hati orang lain, karena ketika kalian mengunakan kalimat yang salah, orang lain juga mungkin akan tersinggung.

4.      Jangan Berbicara Terlalu Cepat


Berkomunikasi yang baik dicirikan bahwa lawan bicara mengerti dan paham dengan baik apa yang kita sampaikan kepadanya. Salah kunci keberhasilannya adalah jangan  bicara terlalu cepat, bicara terlalu cepat menyebabkan orang lain merasa harus menyimak dengan ekstra apa yang kita ucapkan, karena kalimat yang keluar harus dipahami dengan baik oleh lawan bicara. Yaa betul! Tetapi bagaimana jika lawan bicara kita tidak memilki daya tangkap yang baik, atau malah diri kita yang tidak menguasai cara berbicara cepat yang efektif sehingga bicara kita tidak jelas dan aneh.

5.      Menatap Lawan Bicara
Menatap lawan bicara merupakan etika, jika hal ini dilakukan maka lawan bicara akan merasa sangat di hargai, lawan bicara juga akan merasa sangat senang. Tetapi perlu dibatasi untuk  menatap lawan bicara tersebut, jangan terlalu fokus dan membuat lawan bicara merasa risih karena ditatap terlalu lama. Jangan juga tatapan tersebut membuat lawan bicara merasa ditakut-takuti.

6.      Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah artinya ketika kalian berbicara berikan juga hal berbicara kepada lawan bicara kalian, berikan lawan bicara kalian hak untuk berpendapat dan memberikan respon terhadap topik yang kalian ajukan atau perbincangkan.

7.      Seling Humor

Seling humor artinya kalian bicara boleh saja serius, tetapi jangan lupa untuk menyelipkan atau memberikan sesuatu hal atau topik yang lucu di beberapa kesempatan waktu berkomunikasi kepada lawan bicara kita, hal tesebut akan membuat lawan bicara merasa senang dan tidak stress ketika berkomunikasi.


Negeriandri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)