Pages

Sistem Respirasi Biologi SMP - SMA

Sistem Respirasi
Biologi SMP - SMA
Laporan 05 Dec 2016

Alat Respirasi (Pernapasan)
Organ pada sistem pernapasan manusia terdiri dari : hidung, laring (pangkal tengorokan), trakea (batang tenggorokan), bronkus (cabang batang tenggorokan) dan pulmo (paru-paru).
Susunan sitem respirasi manusia tampak seperti gambar berikut:



Mekanisme Pernapasan
Bernapas adalah proses masuknya oksigen (O2), yang disebut inspirasi, dan keluarnya karbon dioksida (CO2), yang disebut ekspirasi.
Bernapas dapat dilakukan dengan pernapasn dada dan pernapasan perut.
Pernapasan Dada
Inspirasi: otot antartulang rusuk berkontraksi, selanjutnya rongga dada membesar, tekanan rongga dada turun, paru-paru membesar, udara masuk.
Ekspirasi: otot antartulang rusuk mengalami relaksasi, rongga dada mengecil, tekanan udara di rongga dada membesar, paru-paru mengecil dan udara keluar.
B. Pernapasan Perut
Inspirasi: otot diafragma berkontraksi, diafragma mendata, rongga dad membesar, tekanan rongga dada mengecil, paru-paru membesar, udara masuk.
Ekspirasi: otot diafragma mengalami relaksasi, diafragma melengkung, rongga dada mengecil, tekanan udara rongga dada mengecil, tekanan udara rongga dada membesar, paru-paru mengecil dan kemudia udara keluar.

Penyerapan dan Pengangkatan O2 dan CO2
Oksigen berdifusi masuk ke alveolus paru-paru dalam proses pernapasan. Di dalam kapiler Alveolus, O2 diikat oleh hemoglobin (dalam eritrosit) membentuk oksihemoglobin.
Bersama dengan peredaran darah, oksihemoglobin terbawa ke jaringan tubuh, kemudian oksigen berdifusi masuk ke dalam sel. Di dalam mitokondria sel, oksigen digunakan dalam proses respirasi seluler untuk menghasilkan energi CO2 dan H2O. Karbon dioksida kemudia masuk ke vena dan bereaksi dengan H2O membenruk asam bikarbonat (ion bikarbonat).
Didalam alveolus, asam bikarbonat akan terurai lagi menjadi CO2 dan H2O yang kemudian dikeluarkan dalam pernapasan.

Kelainan/Penyakit Pada Sistem Pernapasan
Faringitis : Peradangan faring akibat einfeksi bakteri atau virus.
Pnemonia : Peradangan paru-paru karena infeksi bakteri Diplococcus Pnemoniae.
Difteri : Penyumbatan rongga faring karna infeksi bakteri Corynebacterium diphtherale.
Asifikasi : Gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan akibat gangguan fungsi paru-paru, pembulu darah dan jaringan.
Tuberkulosi (TBC) : Infeksi paru-paru oleh bakteri Mycobacterium tuberculosi.

Negeriandri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)