Pages

Macam-macam Norma Yang Berlaku di Kehidupan Masyarakat

Macam-macam Norma Yang Berlaku di Kehidupan Masyarakat

Norma merupakan salah satu nilai atau peraturan pada suatu golongan tertentu yang kemudian di jadikan pedoman untuk bertingkah laku di kehidupan sosial. Sehingga dengan kata lain bahwa tindakannya harus berorientasi pada norma atau nilai yang telah di sepakati golongan tersebut. Contoh di bawah berikut merupakan norma-norma yang berlaku di masyarakat pada umumnya:

a. Norma Agama: yaitu peraturan tentang hidup manusia yang berisi perintah dan larangan yang berasal dari Tuhan. Norma ini bersifat mutlak (absolut) dan tidak dapat dirubah oleh manusia itu sendiri dengan cara apapun.

b. Norma Moral/Kesusilaan: yaitu peraturan hidup yang bersumber dari hati nurani dan merupakan norma yang mengikat manusia. Norma moral atau kesusilaan siciptakan agar manusia dapat memilki ahlak dan sifat yang mulia, pelanggaran dari norma kesusilaan akan memilki penyesalan dalam diri sendiri (penyesalan batin).


c. Norma Kesopanan: yaitu norma yang bersumber dari pergaulan hidup antar manusia. Norma ini biasa juga di sebut sebagai norma adat istiadat, karena harus menyesuaikan budaya yang ada si daerah ketika norma ini di implementasikan.

d. Norma Hukum: yaitu peraturan yang diciptakan oleh kekuasaan resmi yaitu negara atau pemerintah yang sifatnnya mengikat dan harus ditaati. Norma hukum dicptakan dengan tujuan agar hubungan individu dengan yang lainnya dapat bermasyarakat secara tertib dan rukun.

Negeriandri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)