Pages

Menentukan Ide Pokok, Fakta dan Opini

Ide Pokok, Fakta dan Opini

Bahasa Indonesia
Laporan 17 November 2016 (21.48 WIB)

1. Ide pokok
Ide pokok atau gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Ide pokok terdapat pada kalimat pokok atau utama dalam setiap paragraf. Dimana letaknya selalu terdapat pada awal atau akhir paragraf. Namun ada juga yang tedapat menyebar di seluruh paragraf bila paragraf tersebut paragraf deskrispsi dan narasi. Hal yang merupakan ciri kalimat pokok antara lain memiliki makna yang paling umum di antara kalimat-kalimat yang terdapat pada paragraf tersebut (paragraf yang dibahas).
Contoh Soal:
Banyak situs bersejarah di wilayah Kabupaten Sukabumi yang tidak terawat. Bahkan terdapat sejumlah situs purbakala yang telah hancur akibat penggalian harta karun dan ulah sebagian masyrakat. Padahal, benda purbakala tersebut memilki nilai historis yang sangat tinggi. Situs-situs memilki berbagai bentuk, nilai dari punden berundak. Menhir dan beberapa jenis bangunan lain yang menandai adanya masyrakat pada zaman batu.
Jawaban Soal: Kerusakan situs bersejarah dan purbakala di Sukabumi.

2. Fakta dan Opini
Fakta merupakan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana yang sebenar-benarnya telah terjadi dan bersifat objektif. Sedangkan Opini atau pendapat yang kemungkinan kebenarannya relatif kerena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Pendapat atau opini memilki ciri fisik yang biasanya ditandai dengan kata-kata seperti: mungkin, bisa jadi, sangat, tidak mungkin, sebaiknya dan lain-lain yang menunjuk kepada subjektifitas seseorang.

Contoh Kalimat Fakta:
a. Mendiknas meremiskan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 15 Juni 2003.
b. Ibu Kota Negara Indonesia 2015 merupakan DKI Jakarta.

Contoh Kalimat Opini atau Pendapat:
a. Sebaiknya anda menunggu samapi acar selesai.
b. Langit mendung mungkin sebentar lagi hujan deras.

Negeriandri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)