Pages

Bentuk Campuran Dalam Kimia



Materi Campuran (Kimia Session)
Learning Together
KIMIA UMUM
Laporan 5 Agustus 2016

Pengertian Campuran :
Campuran adalah gabungan beberapa zat tungal (lebih dari satu zat/tidak tunggal/tidak satu zat) yang dapat dipisahkan secara fisika, penyunsun zat tunggal tersebut kadang memiliki perbandingan yang tidak tetap. Contoh Air laut, udara, oksigen, susu dan sirup.

Jenis Campuran :
Campuran dibedakan menjadi 3 macam :
Larutan : Campuran yang homogen atau zat terlarut dan pelarutnya tidak dapat dibedakan (air laut dan udara)
Suspensi : Campuran yang bersifat heterogen atau campuran partikelnya bersifat kasar dan mudah untuk dilihat karena memiliki bidang batas antara zatnya. (Pasir dalam air)
Koloid : Campuran yang bersifat suspensi dan laruran, karena secara makrokopis laruran terlihat homogen (Larutan) tetapi jika dilihat dengan mikroskop terlihat heterogen (Suspensi).

Cara Pemisahan Campuran :
Pemisahan Campuran dapat dilakukan secara fisika yaitu dengan sebagai berikut ;
A. Penyaringan : Pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikelnya (Satuan terkecil suatu zat). Contoh adalah memisahkan pasir dari air dengan kertas saring supaya air menjadi jernih.
B. Sentrifugasi : Pemisahan campuran dengan cara diputar dengan kecepatan yang sangat cepat. Contoh adalah pemisahan serum dari darah.
C. Dsitilasi : Pemisahan campuran berdasarkan titik didih. Contoh adalah penyulingan minyak bumi.
D. Kristalisasi (Penguapan) : Pemisahan campuran dengan cara menguapkan zat pelarut supaya tertinggal zat yang terlarut.
E. Sublimasi : Pemisahan campuran berdasarkan zat yang dapat menyublim dari yang tidak dapat menyublim. Contoh adalah pemurnian kapur barus.
F. Kromotografi : Pemisahan berdasarkan koefisien difusinya pada suatu medium. Contoh adalah pemisahan zat warna pada tinta.
G. Ekstraksi : Pemisahan campuran berdasarkan daya larutnya pada pelarut (airnya). Contoh adalah memisahkan minyak kemiri dari buah bijinya. 



“Belajarlah kamu, maka kamu akan selamat dan berhasil”
Negerilangitsite.wordpress.com
Negeriandri.blogspot.com

Negeriandri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)