Pages

Ciri-Ciri Berfikir Secara filsafat




Ciri-Ciri Berfikir Secara Kefilsafatan

1. Bersifat Kritis; yaitu mempertanyakan segala sesuatu, problema-problema atau hal-hal lain yang sedang dihadapi ileh umat manusia.

2. Bersifat Mendalam; yaitu bukan hanya berfiki sampai pada fakta-fakta yang sifanya sangat khusus dan empiris belaka namun sampai pada inti yang terdalam yaitu substansinya yang bersifat universal.

3. Bersifat Konseptual; tidak sampai pada bersepsi belaka namun sampai pada pengertian yang bersifat konseptual.

4. Koheren (Runtut); yakni berusaha menyusun suatu bagan yang konseptual yang koheren(runtut).

5. Bersifat Rasional; bagan yang bagian-bagiannya berhubungan secara logis diantara satu dengan yang lainnya.

6. Bersifat Menyeluruh; pemikiran kefilsafahan bukan hanya berdasarkan pada suatu fakta yang khusus dan individual saja namun harus sampai pada kesimpulan yang sifatnya paling umum (menyeluruh).

7. Bersifat Universal; pemikiran kefilsafahan berusaha menemukan kenyataan kebenaran dengan berusaha untuk menarik sebuah kesimpulan-kesimpulan yang bersifat universal (umum/menyeluruh)/

8. Bersifat Spekulatif; dicirikan dengan sifatnya yang spekulatif yaitu pengajuan dugaan-dugaan yang rasional (logis) yang melampaui batas-batas fakta.

9. Bersifat Sistematis; pemikiran kefilsafahan senantiasa memiliki bagian-bagian tersebut senantiasa berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

10. Hubungan tersebut terjalin kerja sama yang saling ketergantungan.
Bersifat Bebas; berfikir secara kefilsafahan adalah berfikir secara bebas untuk sampai pada hakekat yang terdalam yang universal.

Negeriandri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe for free :)
Enter your email address to subscribe to this
blog & silahkan komentar dengan baik :)